Kamis, Juli 12, 2012

Antara SMANSA SMANTA SMK4 Pangkalpinang di 11 Juli 2012

"Band Juara I itu lebih ALL in" kata Bang John Ganesha
Dalam sebuah kompetisi pastilah para Juri memiliki alasan yang beralasan dan jawaban yang menjawab mengapa mereka memilih si ini jadi juara dan si itu dibawahnya dan seterusnya. begitu juga halnya dengan festival band akustik dan melukis sketsa yang kemarin 11 Juli 2012 di gelar di Museum Timah Indonesia. Oleh karena itu kami tim ganesha blogspot mencoba merekam hasil perbincangan para juri, namun mudah-mudahan saja berita ini bukan justru bikin ruyam akan tetapi membuat kita semua paham yang dimaksud para juri.
Apa alasan para Juri memilih si ini juara I dan si itu Juara II???
"Ada 3 juri yang memilih berdasarkan hitungannya dulu barulah kemudian mengambil keputusan bersama, kalau saya (bang John) mulai dari GITAR I, II, Vocal, Cahjon, Bass dll.. saya bikin kotak sendiri, kalau ada yang lengah bermain misalnya rhytmnya gak full blockingnya atau bocor istilahnya otomatis saya bikin tanda begini (!) tapi kalau fill musiknya bikin hati saya tersentak misalnya pukulan drum kotak itu dari soft ke hard pada saat chorus maka ada tanda seperti ini (v). Saya simak si Juara I ini all in, artinya semua player tunjukkan bakat nya dan mereka bermain sangat kompak. saya mencatat si juara II hanya kalah 1 tanda (v) dengan si Juara I.
Kalau begitu, kenapa yang jadi Best Vocal Cowok bukan si Juara I???
Awalnya saya sependapat, tetapi ketika si best vocal itu bernyanyi luar biasa pada lagu keduanya bahkan gayanya sangat sesuai dengan apa yang ia sampaikan hingga dititik rumit ia mampu menembus suara tinggi, maka saya yakin semua telinga dan mata penonton saat itu pasti memujinya. memang benar ada tingkat kerumitan cengkok pada lagu yang dinyanyikan vocalis band si juara I itu, tetapi beberapa kali sesungguhnya pitch controlnya itidak menjangkaunya, saya yakin ia pasti mengetahui hal itu. mudah-mudahan keputusan kami bisa diterimanya.
Banyak vocalis perempuan yang bagus saat itu, lalu mengapa bukan mereka yang abang pilih???
saya paham itu, ada 2 asumsi saya,, pertama saat latihan dirumah mungkin gitar yang biasa mereka pakai tidak sesuai standard nadanya dengan yang dipanggung, setahu saya yang dipanggung itu kunci C gitar juga bass sama dengan kunci C keyboard,, sehingga ketika mereka gunakan gitar panggung otomatis nadanya jadi ketinggian.. si vocalis jadi sering tidak sampe nadanya..
pesan saya kedepan buat peserta,, pilih lah lagu yang tidak terlalu rumit, dan jangan sekali-kali melakukan improvisasi nya tanpa kepastian apakah nanti akan sanggup mencapai suara yang maksimal. kadang-kadang bernyanyi flat saja (aman-aman) namun dengan perasaan dan hentakan kata yang sesuai dengan syairnya itu bisa membuat nilai juri terus bertambah. Bayangkan misalnya ada penyanyi jago banget tapi sering gak sampe nada suaranya dan penonton dengar hal itu.. terus juri bikin ia jadi pemenang kan kasian juri nanti diprotes orang.
Apakah abang puas dengan pilihan si Juara III???
Enak saja memangnya mereka tampil adalah untuk alat pemuas juri... Tentu saja tidak mudah menjawab hal ini,, karena kami ada ber-3 juri,, kami hitung bersama lalu kami berdebat untuk memutuskan siapa juara III, ada 2 pilihan SMA saat itu dimeja rapat kami. Tentulah yang bisa menang adalah yang didukung 2 juri.. ya dong..
Bagaimana dengan lomba melukis Bang.
(TUNGGU Laporan kami selanjutnya))

Tidak ada komentar: